25 November 2013

Selamat Hari Guru

Sebagaimana biasa di tanggal 25 Nopember, selalu saja diperingati Hari Guru Nasional, walaupun penanggalan tidak mencantumkan warna merah sebagai bentuk apresiasi untuk guru. Namun hingga detik ini sering kita mendengar masih mirisnya tingkat kesejahteraan guru2x baik di kota maupun di desa, tentu hal ini perlu mendapatkan perhatian lebih dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, karena berkat tangan dinginnya banyak orang2x hebat telah lahir baik mereka yang bergerak dibidang Ekonomi, Politikus, Teknokrat, Paramedis dan lain sebagainya.

Hal yang perlu dilakukan oleh pemerintah adalah :
  • Memperbanyak jumlah guru agar dapat disalurkan ke desa2x tertinggal yang hingga saat ini belum terjamah pendidikan.
  • Memberikan pelatihan secara berkesinambungan kepada para guru dalam rangka meningkatkan skill, sehingga materi pengajaran bisa sampai ke peserta didik dengan baik.
  • Selalu mengevaluasi kinerja guru, guna peningkatan pendidikan yang berkualitas. 
  • Memberikan Tingkat Kesejahteraan yang lebih baik guna memotivasi guru dalam mengajar.
  • Dan lain sebagainya.
Semoga dengan adanya Hari Guru Nasional bukan hanya sekedar ceremonial saja, namun perlunya perubahan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan yang lebih signifikan. 

Selamat Hari Guru, Jasamu tidak akan pernah kami lupakan sepanjang masa.

19 November 2013

Modifikasi Plat Bracket HRW4 di TVS Apache RTR 180

Musim hujan sudah tiba kayaknya gak lengkap kalau kita tidak mempersiapkan segala sesuatunya terkait dengan penggunaan BOX di motor guna melindungi barang bawaan, gara2x penulis sering kehujanan jadinya mau gak mau Box Shad 48 yang pernah penulis gunakan akhirnya perlu turun gunung lagi dari pertapaan ha..ha..ha...... 

Permasalahan yang mendasar adalah posisi dudukan plat yang menghubungkan antara bracket dan body belakang PENAR (Apache), kalau dulu di RADAR+E (Pulsar 220) plat ini dapat langsung terpasang tanpa mengubah apapun, karena body RADAR+E lebih ramping dibanding PENAR. Hal yang perlu dilakukan adalah memodifikasi Plat besi dengan meminta bantuan Jasa Tukang Las untuk membuatkannya. 

Bentuk plat yang sudah di modifikasi

Tampilan ini memperlihatkan bentuk plat yang dipasang ke bagian belakang, tampak sebelah kiri adalah Plat Asli dari HRW4 yang ukurannya tidak dapat mencapai ke lubang baut dan tampak sebelah kanan adalah Plat yang kita sudah modifikasi.

Penggunaan 2 buah ring baut 
untuk mencegah plat beradu langsung dengan body motor.

Tampak dari bagian belakang 
plat tidak menyentuh body samping.

Penampakan setelah terpasang dilihat dari samping.

Penampakan tampilan full, jadi terkesan makin gagah. 


Semoga bermanfaat, Salam Roda Dua. 

12 November 2013

Rembesan Oli di TVS Apache 180

Saat ini PENAR sudah memasuki kilometer 8354, terlihat rembesan oli yang menghiasi bagian HEAD mesin daripada dibiarkan dan makin tambah parah sebaiknya segera diganti, kurang lebih penampakannya sebagai berikut:


Sebenarnya hal ini bisa di klaim mengingat bagian ini adalah satu kesatuan dari mesin, saat saya mengajukan klaim kebetulan yang mengurus klaim tidak hadir jadi waktu itu pihak BERES memberikan solusi agar saya meninggalkan Fotokopi KTP & STNK yang nantinya akan disampaikan ke bagian klaim, akhirnya saya coba tanyakan berapa harga part tersebut ternyata harga partsnya murah hanya sekitar 7 ribu namanya Plug Cylinder Head wkwkkwk..... kirain saya harganya mahal sampai 400 ribuan, tanpa pikir panjang saya bilang " Ya udah mas ganti aja gak usah di klaim" berikut penampakan partsnya


Kalau diperhatikan sepertinya penyakit motor India adalah pada bagian ini baik di TVS Apache maupun di Bajaj Pulsar, berikut penampakannya kalau di Bajaj Pulsar 220   


Silahkan buat rekan2x yang memiliki motor yang sama bisa dicek, jangan sampai kita melupakan perawatan motor.

Salam Roda Dua

10 November 2013

Tutupnya bengkel TVS Ciledug Graha Raya Bintaro

Berita duka buat para Rider TVS dimana Bengkel TVS Ciledug tepatnya di jl. Boulevard Graha Raya Blok A1 Kav. 56 C, Ciledug Tangerang telah tutup operasional, hal ini terungkap saat saya berbincang dengan Mantan Kepala Dealer TVS Ciledug (Pak Chandra)
Untuk mendalami informasi seperti biasa saya coba datangi lokasi, berikut pict yang saya foto pada tanggal 9 Nopember 2013 tampak Bengkel TVS Ciledug sudah tutup operasional.  


Berdasarkan informasi pedagang yang berjualan di area tersebut bahwa Dealer TVS juga ada di daerah Jl. KH Mas Mansyur no 100 B yang baru buka (Sebelum Ciledug Indah 2), akhirnya saya coba mendatangi dealer tersebut, ternyata dealer ini hanya melayani penjualan motor dan oli TVS, namun tools2x yang ada disana menurut penuturan ownernya didatangkan langsung dari TVS Ciledug Graha Bintaro dan beliau menuturkan bahwa kedepannya dealer ini akan melayani perawatan Motor2x TVS.


Sangat disayangkan tutupnya Bengkel TVS Ciledug Graha Raya Bintaro, padahal kalau melihat lokasi sangatlah bagus guna menancapkan keberadaan TVS disana, serta untuk meraih perhatian publik.

03 November 2013

Bunyi gemerincing di TVS Apache RTR 180

Beberapa hari ini saya merasa ada bunyi gemerincing setiap riding menggunakan Penar, terus terang agak membingungkan karena suara tersebut kadang terdengar namun terkadang tidak, paling ketara adalah saat melewati jalan yang tidak rata/berlubangDugaan awal biasanya bunyi ini timbul karena adanya baut yang kendor, berhubung makin lama makin tambah jadi suaranya, mau gak mau harus cek mandiri dulu. Bagian yang menjadi perhatian diantaranya adalah mengencangkan baut yang kendor disekitar  :
1. Plat Nopol
2. Engine Cowl
3. Air Scoop
4. Batok headlamp
5. Knalpot

Namun setelah hal tersebut dilakukan di jalan yang agak bumpy, tetap saja masih terdengar suara gemerincing, padahal kalau diperhatikan suaranya terdengar dari depan tapi seakan-akan dari tengah, terus terang agak bingung mencari asal suaranya, akhirnya saya coba perhatikan dibagian besi standar tengah yang tergores karena beradu dengan besi knalpot. 

Barulah saya sadar bahwa karet penahan standar tengah terlepas saat terjadi insiden tabrakan beberapa waktu yang lalu, kurang lebih bentuknya seperti ini :

Karet penahan standar tengah (klik zoom)

Posisi bagian karet yang lepas dari knalpot (klik zoom)

Posisi besi standar tengah yang beradu ke knalpot (klik zoom)

Siapkan karet sela dari motor lain, 
harga dipasaran cuma Rp. 5.000,- (klik zoom)

Pasang karet sela dibagian besi standar tengah (klik zoom)


Semoga bermanfaat