11 Juni 2010

Ahli Matematika = Ahli Komputer


Mendengar kata matematika membuat anda berfikir Hmmm..... pelajaran yang sangat...sangat... sulit, dengan bentuk teorema rumus-rumus baku dan harus dipahami, Phobia terhadap ilmu ini banyak dirasakan kalangan yang pernah/sedang menimba ilmu, padahal justru inilah pusat dari segala macam ilmu baik ilmu komputer, ilmu hukum, ilmu ekonomi, ilmu sosial, ilmu kedokteran maupun ilmu-ilmu lainnya. Sehingga banyak orang berlomba-lomba untuk menguasai ilmu ini, karena itulah maka banyak lembaga-lembaga pendidikan yang mengajarkan kursus-kursus matematika dengan menawarkan bimbingan dalam bentuk bimbel, kelas private maupun semi private untuk tingkat SD, SMP dan SLTA. Berikut kami sampaikan beberapa orang yang ahli Matematika yang terjun di dunia IT :
  1. Pernahkah anda tahu cerita pemilik perusahaan software terbesar di negara paman Sam (Amrik) Bill Gates seorang Milyuner yang menguasai pangsa pasar penjualan software operating system dengan nama Microsoft Windows beliau adalah seorang yang jenius ahli Matematika dan pernah sebelumnya berkuliah di MIT (Massacusetts Institute Of Technology) walaupun pada akhirnya dia tidak selesai mengikuti perkuliahan tersebut karena lebih tertarik pada dunia Bisnis. Dimana pada usia belasan tahun dia sudah mampu membuat suatu program game othello yang pembuatannya menggunakan program bahasa basic computer, othello sendiri dibuat dengan menggunakan rumus matematika maka tidaklah aneh kalau seorang Bill Gates mampu membuat program tersebut.
  2. Prof. Niclaus Wirdth (ahli matematika), yang mampu membuat program compiler turbo pascal (Bahasa Tingkat Tinggi), dimana sebelumnya program yang ada berbentuk Interpreter (program mentah), dimana dengan dibuatnya program compiler maka source asli program dapat langsung dibundling dengan extension EXE.
  3. Pembuat virus komputer pertama kali (Virus O'Brain) adalah seorang ahli matematika yang berasal dari negara Pakistan, dimana pembuat virus ini adalah guna menjawab dari pemikiran seorang DR Fred Cohen dimana dalam seminar security computer dia menyebutkan bahwa di suatu masa akan ada suatu program komputer yang dapat berkembang biak layaknya sebuah infeksi virus.
  4. Seorang Ahli matematika membongkar sistem keamanan PS 3 (Playstation 3) dalam waktu yang relatif singkat hanya dalam waktu 3 hari dengan membongkar sistem pemrograman Playstation agar dapat dikembangkan, karena kita ketahui bahwa sistem PS3 hingga saat ini belum tersedia DVD versi bajakannya, hal ini terjadi di bulan Mei 2010, dan lain sebagainya.
Berarti kalau seperti itu setiap ahli matematika juga ahli komputer donk ????, nah kalau untuk menjawab pertanyaan ini adalah tergantung juga dengan si manusianya itu sendiri, karena tidak semua orang ahli matematika dapat membuat program komputer atau bahkan gape komputer, karena untuk menguasai ilmu komputer dengan baik bukan hanya kemampuan penguasaan matematika saja namun perlu juga kemampuan berfikir secara Logic Komputer/Mesin. Di ibaratkan adalah Logic dipakai untuk menyelesaikan masalah dengan selalu berfikir secara biner 0 & 1 sedangkan matematika adalah alat untuk menerapkan rumus yang akan dipakai guna menyelesaikan masalah. Sebagai contoh :
  1. Pembuatan Program Statistik Penduduk Kota Jakarta dengan menerapkan sistem 3 dimensi kependudukan dengan berbagai macam kondisi. Disini tidak bisa dipungkiri bahwasanya dalam pembuatan program tersebut diperlukan pemikiran yang matang karena Ilmu Matematika dan Ilmu Logika Pemrograman Komputer akan bermain pada saat pembuatannya karena percuma saja Ilmu Matematika Matang namun Ilmu Logika Pemrograman Komputernya tidak sempurna, begitupun sebaliknya. Maka anda akan menemui program komputer yang tidak sesuai dengan yang anda harapkan.
  2. Pembuatan Program Game dengan tema Archade, Sport, Fight, Sistem Pakar dll, inipun menggunakan perhitungan Matematika dan Logika komputer yang luar biasa misalnya dalam hal menggunakan Timer untuk menyelesaikan setiap bagian dari game tersebut, Perhitungan detail dari pergerakan-pergerakan di game, Memonitoring kemampuan pemain dengan memberikan 3 kesempatan untuk mengulang permainan bila pemain gagal untuk bertahan dari serangan musuh biasanya hal ini dapat anda jumpai di permainan dengan tipe Fight & Archade.
  3. Pembuatan Program Simulator dengan tema sport biasanya banyak di jumpai di game balapan dimana anda seakan-akan berada pada Dashboard Mobil dengan menerapkan rumus matematika metode translasi dan vektor maka hal ini baru bisa dapat dilakukan
  4. Penerapan program sistem pakar yang menggunakan rumus matematika probabilitas, serta masih banyak lagi hal-hal lainnya yang kita sebutkan satu persatu.

Ada lagi pertanyaan yang cukup menggelitik dari teman-teman IT mereka berkata " Saya gak jago matematika tapi buat program bisa kok ?", mungkin statement ini ada benar dan tidaknya mengapa demikian, memang ada beberapa program yang dibuat tanpa memerlukan perhitungan matematika misalkan membuat menu tampilan utama yang berisi master data, seperti input nama, jabatan, golongan, alamat dan lain-lain dalam pemrograman Visual Basic hal ini akan sangat terbantu dengan menggunakan program Wizardnya. namun pada saat data tersebut diolah untuk menghasilkan perhitungan transaksi, pembuatan hasil report transaksi dan logic yang rumit (misalnya perulangan, tipe data dll) disinilah baru berperan kedua ilmu ini. Karena percuma saja bila anda hanya mengcopy paste pemrograman dari sumber lain karena anda akan menemui kesulitan pada saat anda membuat program dengan tipe yang agak berbeda di kemudian hari.

Oleh karena itu kuasailah Ilmu Matematika dengan sempurna baru setelah itu anda melangkah ke dunia komputer secara mudah, percayalah kedua ilmu ini akan sangat terasa mudah anda jalani bilamana anda menguasainya dengan baik dan jangan lupa asah terus keahlian anda melalui praktek..praktek dan praktek serta selalu berfikir secara logic 0 & 1.

Tidak ada komentar: