19 Juli 2008

Langkah-langkah apa yang harus diambil untuk mahasiswa jurusan komputer



Buat teman-teman yang masih duduk dibangku kuliah khususnya komputer saya hanya menyarankan sebelum anda memasuki dunia kerja yang harus anda fikirkan adalah :

  1. Persiapkan diri anda untuk menguasai segala macam teknik pemrograman karena itu baik untuk kalian bila nanti anda melamar di suatu perusahaan komputer karena jangan sampai pada saat anda sudah meraih gelar sarjana pada saat anda ditanya : "mas udah pernah buat program apa ?", "biasanya pakai program apa"?, "bisa nggak javascript,html, php de..el..el.." .................... dan anda jawab yach kalo itu mah saya cuma tahu teorinya pak kalo prakteknya sich saya belum ngerti
  1. Penguasaan Jaringan Komputer baik itu berbasiskan windows atau linux itu penting loch jangan sampai gaptek masalah itu, wach entar bisa diketawain dech gak ngerti and gak bisa " paling dari perusahaan yang ngetest anda hanya berkata Sarjana Komputer kok gak bisa apa-apa", nanti malu-maluin almamater donk.
  1. Penguasaan Website, karena hal ini sangat penting karena disini juga anda bisa promosi keorang lain loch bukan cuma di dalam negeri tapi di luar negeri, asik khan kalo bisa website jadi punya nilai dech ilmu kalian karena ilmu ini adalah ilmu terapan dan umumnya orang-orang cuma hanya melihat hasil karya kita loch bukan cuma embel-embel dibelakang nama kita itu baru sarjana yang komplit.

Mengatasinya cukup mudah hanya perlu sedikit usaha dan kerja keras dengan cara :

  1. Banyak-banyak belajar diluar kampus dan jangan pernah bermimpi setelah anda lulus dari bangku kuliah akan menjadi pendekar komputer, bukan apa karena yang anda dapatkan dibangku kuliah tidaklah cukup untuk anda menjadi seorang pakar komputer. Karena akan lebih banyak teori ketimbang praktek oleh karena itu anda harus cari ilmu diluar kampus
  1. Banyak ikut seminar untuk menambah perbendaharaan ilmu kalian
  1. Rajin mengikuti perkembangan komputer bisa dengan jalan melihat pameran komputer.
  1. Ikuti Program Pelatihan/Kursus karena ini akan lebih baik dan cepat untuk anda menguasai ilmu komputer. tapi cari yang bonafit loch jangan karbitan. bukan jadi pendekar malah pecundang, sayang khan uangnya habis dengan percuma
  1. Banyak sharing dengan orang-orang yang tidak mempunyai latar belakang komputer karena terkadang mereka lebih mengetahui secara detail tentang ilmu tersebut dikarenakan pengalamannya. yach ibarat dokter mengetahui penyakit seseorang tapi untuk obat-obatan dia pasti akan bertanya kepada seorang yang ahli obat.

Coba dech diikutin saran ini semoga anda menjadi orang yang dapat bertanggung jawab dengan ilmu anda setelah anda lepas dari Fakultas Komputer dan nantinya bisa membuat harum nama almamater.

diposting oleh Ram Syamsul Yulias

http://www.rampunjadi.com

Tidak ada komentar: