06 Oktober 2013

Kaliper Rem bermasalah membuat roda Pulsar macet

Sekitar beberapa bulan yang lalu tepatnya Februari 2013, saya mengalami kamvas rem yang macet pada waktu mencoba mendorong Pulsar 220 dalam kondisi mesin mati. Pertama-tama untuk memastikannya saya putar roda belakang, it's ok berjalan dengan sempurna dan gak ada masalah, Kedua saya coba putar roda depan, dlalah.... ini roda jalannya berat banget dan gak seperti biasanya berasa seret banget, wess..kaget masa iya Kamvas Rem habis lagi, kayaknya dulu penggantian kedua di 11300 KM, saat ini sudah 18000 KM. Namun saat kejadian tersebut lupa persisnya namun seingat saya sudah masuk di > 17000 KM 

Untuk memastikan saya senter bagian kamvas rem, namun sepertinya masih tebal, mengingat 2 kali kejadian seperti ini, coba lihat oli rem ternyata masih banyak... heran.. apa mampet.. tapi kalau mampet oli gak bisa keluar saat saya buka sedikit bagian baut yang dari slang rem tersebut. 

Dengan kemampuan ala kadarnya saya buka bagian itu dan pasang lagi baut tersebut, tetap saja agak macet tanpa pikir panjang langsung buka kaliper khawatir kegores lagi disknya kayak beberapa waktu yang lalu.

Setelah susah payah membuka kamvas rem yang terjepit akhirnya berhasil juga buka bagian kaliper dan kamvasnya berikut pictnya :


Kaliper dan Kamvas Rem yang sudah dilepas dari disk


Kamvasnya masih tebal padahal udah 6000 KM lebih, saat ini saya sedang mencoba mengimbangi sistem pengereman dengan tidak menitikberatkan sepenuhnya ke rem depan dengan kondisi 60% roda depan dan 40% roda belakang, sehingga lebih awet umurnya untuk rem depan dibanding sebelumnya


Setelah saya amati bahwa bagian dari kaliper sepertinya ada yang tidak rata seperti terlihat di pict ini dimana bagian kanan lebih tinggi daripada disebelah kiri, jadi saya mengasumsikan bahwa macetnya roda depan disebabkan ini. Sehingga membuat kamvas rem memiliki jarak yang terlalu dekat ke disk.


2 bagian ini sulit dilepas dengan cara manual hanya ada cara terbaik dengan menggunakan angin kompresor, berhubung gak punya alat wess akhirnya saya nyerah baru keesokan harinya saya ke BERES dengan mengendarai Pulsar 220 tanpa rem depan 




Setelah dilakukan Cek and Ricek di BERES Bajaj maka dua buah tabung tersebut dapat dibuka dengan menggunakan Angin kompresor dan dicuci bersih agar kinerjanya dapat kembali semula, dan setelah dilakukan ritual tersebut maka kalipers kembali normal. 

Tidak ada komentar: