15 Agustus 2012

Nasionalisme

Kalau bicara Nasionalisme selalu gw ingat pelajaran yang pernah gw terima saat gw duduk di bangku sekolah, dan kebetulan sekolah gw adalah salah satu sekolah yang mengajarkan kurikulum Nasionalisme dan Budi Pekerti (NASBUD) yang mengambil pelajaran lebih spesifik terhadap unsur-unsur kebangsaan yang selalu ditanamkan oleh Founding Fathers kita Presiden RI Pertama DR. Ir. Soekarno. Padahal di jaman itu pelajaran seperti ini tidak pernah diajarkan di sekolah-sekolah pada umumnya, kalau sekolah lain pada saat itu akan mempelajari PMP (Pendidikan moral Pancasila) atau yang saat ini dikenal dengan PKN (Pendidikan Kewarganegaraan) namun tidak pernah mengajarkan NASBUD, namun di sekolah gw tetap hal ini diajarkan oleh guru-guru yang mempunyai kualifikasi untuk membahas hal tersebut . 

Dari yang gw pelajari selama kurun waktu tersebut, tentu banyak hikmah yang diambil dan sangat pentingnya kurikulum ini ditanamkan dalam rangka membangkitkan rasa Nasionalisme, rasa Kebangsaan dan rasa Cinta pada Tanah Air. Oleh karena itu dulu sempat terbersit dalam pikiran gw kenapa sich sekolah-sekolah lain tidak pernah mengajarkan atau menambah kurikulum  ini sebagai bagian dari pelajaran di sekolah. padahal pelajaran ini sangat bagus dipelajari ditengah gempuran budaya luar yang kian merajalela.

Pernah gw melihat disalah satu tayangan TV bahwa ada siswa sekolah menengah atas yang tidak bisa menghapal : 
1. Pembukaan UUD 45, 
2. Urutan Pancasila
3. Pasal-pasal di dalam UUD 45
4. Proklamasi
Dengan alasan bahwa hal-hal tersebut tidak diujikan di UAS or UAN, gile bener edan jawabannya ck..ck...ck..ck....padahal dijaman gw hal ini dulu harus dapat dihafal sampai ngelotok.

Kembali ke akar permasalahan kenapa gw buat blog yang membahas mengenai ini, sebab saat ini terkadang ada saja orang yang selalu coba meringkas or memangkas arti sebuah rasa Nasionalisme untuk mencoba mempengaruhi orang lain agar mengikuti kehendak dan ambisinya.

Ingatlah bahwa perjuangan yang sudah dilakukan para pendahulu kita harus dan perlulah kita kenang hingga saat ini dan perjuangan mereka telah menghantarkan kita di Alam Kemerdekaan, dan tentunya kita sebagai Warganegara yang baik harus terus dan tetap mengisi kemerdekaan.

Dirgahayu Indonesia ke 67 Tahun

Tidak ada komentar: