01 Agustus 2012

Salahkah anak bermain Games online ?

Lucu yach baca judulnya ...... yupp thats right.... Beruntungnya jadi anak sekarang yang bisa merasakan kelezatan informasi yang disajikan teknologi digital dan informasi, Beda dulu beda sekarang, kalau jaman dulu biasanya anak-anak itu kalau gak main keluar rumah, paling di dalam rumah bisa nonton TV, belajar ataupun bermain

Namun saat ini kecendrungan anak sangat berbeda jauh, banyak gw temui anak dibawah umur sudah ada yang nongkrong di warnet dengan main Games Online, dan dengan jagonya jari jemarinya mengklik mouse ala designer yang ahli. Jujur aja sampai sekarang gw gak pernah coba main games online di warnet seperti permainan anak-anak Point Blank (PB), Ragnarok dll , bukan apa-apa gw kagak ngerti mainnya ha..ha..ha..ha.....

Pernah suatu ketika gw ke warnet Games online sekitar jam 1 pagi sampai jam 4 pagi, untuk menyelesaikan Job yang harus gw selesaikan dan membutuhkan koneksi internet, sekitar jam setengah 4 pagi muncul anak-anak bocah yang mendatangi warnet kira-kira percakapannya seperti ini

Keterangan :
BC = Bocah
PW= Penjaga Warnet 

BC  : "Mas warnetnya dibuka gak, saya mau main"
PW" Kagak dibuka nanti pagi aja"
BC  : "Udah sekarang aja ini kan udah pagi"

PW" Udah sana dech, warnet gak buka besok aja

BC  : "Itu ada yang main boleh (sambil nunjuk ke arah gw yang lagi ngetik di kompi)"
PW" Itu orang gede, gak pa-pa. lagian bukan apa, kalau gw kasih loe main nanti orang tua loe pada ngamuk kemari, sudah sana besok aja kemari"
BC  : "Ah... dasar pelit"

Wkwkwkwk.... coba itu jawabannya anak sekarang bisa aja, kalau inget kejadian itu ketawa juga, tapi gw salut sama penjaga warnetnya yang berani dan tegas untuk menolak mereka karena dengan berbagai alasan.

Kesimpulan yang gw dapat Anak sekarang lebih cenderung individunya lebih tinggi dan berusaha menjauhkan diri dengan lingkungan sosialnya karena adanya dampak kecanduan bermain games. 

Namun tidak bisa dipungkiri dengan memainkan games maka akan terbentuk kecerdasan dan melatih otak dalam hal menyelesaikan problem solving di setiap gamenya. 

Bagaimana kalau metode ini kita coba arahkan ke hal yang positif, misal untuk menambah gairah belajar dengan tetap membuat pakem yang seharusnya dilakukan oleh orang tua dengan membagi waktu antara belajar dan bermain secara tepat, efisien dan konsisten. 


Best regards,



Ram Syamsul Yulias





Tidak ada komentar: