17 April 2013

Kegalauan para pemilik Bajaj Pulsar edisi 2

Berikut kami tampilkan tanggapan lanjutan para user & jawaban saya di forum diskusi, terkait dengan penutupan bengkel Bajaj Pulsar  :

Tanggapan user
tanggapan e-mailnya php banget gak sih
jawabannya cm gitu doang, mbok ya jawab apa kek
misal "dealer kami masih menyetok sparepart dan jangan kuatir akan kelangkaan parts bla bla bla...", lip service ato apa laahhhh.. Masa cuma gitu doang. Cih!

Jawab
menurut saya perlu diapresiasi jawaban Pihak dealer dengan meneruskan email itu ke BAI Pusat. Maklum yang ditanyakan adalah penutupan di beberapa dealers di wilayah provinsi Indonesia, tentu kapasitasnya bukan beliau yang harus menjawabnya namun Pusat yang harus menjawabnya, wajarlah sebab sekali salah ngasih statement tentu bakal berakibat kurang baik. Kita tunggu aja jawaban dari Pusat misal ada jawaban tentu bakal di POST ke thread ini,


Tanggapan user
hmmm..sedikit cemas sih.. tp ya sudahlah.. dari dulu ane punya mtr yg aneh2..kymco, nouvo z. yg notabenenya (ceilah..apa sih artinya ini ) motor yg kurang diminati. tp sampe sekarang masih mulus semua. masih ada dan tidak ada rencana di jual. sekarang ambil pzzo. kymco terbukti matic yg tangguh. nouvo z banyak yg niru. skutik badan gambot + dual shock + double headlamp.

menurut ane pribadi, masyarakat kita perlu lebih pintar dlm memilih suatu produk. brand ternama tidak selamanya baik. bajaj mungkin pemain baru di tanah air. tp kita harus lihat di negara asalnya. kl gak salah baca, bajaj braand otomotif besar di india. geografis india pun sama seperti kita. banjir, jalan rusak (menurut yg ane ubek2 di youtube) jadi cocoklah ni motor di indonesia. kymco pun sama. sebelom beli ane search dulu asal muasalnya. mereka brand besar di taiwan. sampe sekarang tu motor tarikannya lebih enteng dari nouvo z ane. dua mtr ane itu msh std pabrik. so...open ur mind peopleee...2013 nih... jangan kemakan promosi sumbul brand ternama
Jawab
Klo buat yang main di forum ini sudah pasti melek teknologi dan coba merubah paradigma berfikir dengan baik, tentunya dengan mengenyampingkan beberapa brand ternama.Beda sama khalayak umum yg mengedepankan brand. Saya rasa kalau teman-teman disini lebih banyak yang memilih Pulsar karena seringnya mereka browsing, ikut forum dsb sehingga automatically saat mereka memilih mereka sudah gak ragu lagi & mereka sudah tahu konsekuensinya. 

Tanggapan user
Kebetulan iseng buka situs BAI, eh update terakhir news sama event nya tgl 28 Maret 2013. Berikut saya sertakan link nya..
Event - http://www.bajaj-indonesia.com/en/ne...rutchr19turut/
News - http://www.bajaj-indonesia.com/en/ev...if-award-2013/

Lalu terbersit dalam benak, apa mungkin BAI bangkrut setelah prestasi2 yang sudah berhasil dicapai selama berdiri di Indonesia? Kalau dipikir2, kalau BAI bangkrut, ga mungkin mereka meng update event n news di website mereka. Karena artinya BAI pasti bangga bisa meraih penghargaan2 tsb. sampe2 menunjukkan kepada publik atas pencapaian prestasi mereka melalui website.

Lalu mengenai dealer yg tutup, berdasarkan info dari suhu shippuuden, montir pondok labu dioper ke margonda. Menurut saya mungkin karena JAR sedang melakukan efisiensi pengeluaran (saya teringat nokia menutup pabriknya di beberapa negara). Karena yang saya tahu memang penjualan motor Bajaj tidak sekencang pabrikan jepang yang setiap hari saya liat ada aja motor yg dideliver, Bajaj ga seperti itu khan?

Kesimpulannya, tidak sedikitnya beres yang tutup itu karena PT yang membeli lisensi untuk menjadi dealer Bajaj ke BAI itulah yang mengalami keuangan yang tidak sehat alias bangkrut alias tutup. Gempuran produk2 baru nya mopang bisa saja berpengaruh, apalagi Bajaj itu varian motor nya sedikit, jarang mengeluarkan varian baru dan segmented ke sport.
Jawab
Mantap analisanya, patut diapresiasi hal seperti ini dan memang selalu menarik membahas motor Pulsar, terlebih lagi masalahnya bener2x bikin risau para Rider Pulsar

Komen dari yang di bold mengenai updating web, bisa saja ini ada 2 kemungkinan
1. Updating yang dilakukan pihak intern (Pekerja BAI) yang menangani IT
2. Updating yang dilakukan pihak ekstern (Vendor) dengan melakukan kerjasama baik dalam pembuatan & pemeliharaan WEB.

Kita bahas dari point 1, 
kalau updating dimanapun tetap dilakukan walaupun ada isu2x yang berkembang dikhalayak umum, karena pegawai IT memang diharuskan menjalankan Tugas pokok & fungsi (istilahnya Tupoksi) selama gaji & tunjangan mereka dipenuhi gak ada alasan mereka mogok kerja. Mau tidak mau mereka harus mengupdate data tersebut secara cepat,tepat & bisa dipertanggungjawabkan.
Untuk point ke 2 
bilamana terdapat kontrak kerjasama biasanya vendor akan mentaati isi perjanjian dengan pihak BAI, hingga perjanjiannya berakhir, karena bila mereka mangkir tentu vendor akan mendapatkan konsekuensinya.

lanjut lagi dari komen yang saya bold bisa saja ini untuk menekan angka cost dengan menutup beberapa dealer. Namun harusnya hal ini dikemukakan ke publik, biar ada kepercayaan publik oleh karenanya saat ini asumsinya jadi tumpang tindih, sehingga banyak spekulasi bermunculan

Tanggapan user
hari ini tdi jam 9 pagi berangkat menuju JAR samanhudi utk mengambil BPKB...awalnya ane sendiri yg inisiatif krn tak ada kabar dri sang sales sdh 4bulan sejak beli tak ada kabar apapun...pas masuk kesana...
di jamu oleh pak satpam yg menanyakan keperluannya...dan saya di suruh kebelakang naik ke lantai dua utk ke bagian surat2...dri depan suasanya hanyamobil KIA yg terpampang...sementara bila kebelakang sewaktu naik tangga


sungguh sedih saya melihat byk PIT2 yg di kumpulkan menjadi rongsokan...bersatu dgn motor2nya dari XCD125,135,180,200, hingga 220 baru...sedih melihat nasib mereka sungguh terbengkalai...sementara P220 saya terpampang narsis mengkilat sendiri di depan mantan dealaernya (rumah)...nasib rumahmu tidak jelas nak....tapi kmu skrg akan sehat bersama penunggangmu (saya sendiri)

sewaktu naik ke lantai 2...kantor kondisi sperti gudang kotor dan sunyi sekali bak di film2 zombie saya utk mengambil dokumen rahasia sendiri ke tmpt angker...sewaktu di lantai 1 sepi,kusam,gelap,byk barang2 dan dokumen2 terbengkalai....baru lantai 2 saya menemui cahaya agak terang,,,dan ada pria yg menanyakan saya...dan saya mengutarakan kebutuhan saya datang kesana....saya di suruh duduk dekat jendela disebelah kri saya....sayalihat kebawah dan terpampang kuburan motor2 sport bajaj beserta pit2nya yg entah kemana montir2nya....sungguh sedih sekali...motor yg saya akui performanya,dan sudah siap utk jalan jauh,dibanding merk2 moge dikelasnya yg sudah berMERK di indonesia...mereka seperti hanya mahal...tpi dri segi fitur dll tidak memenuhi standar utk adventure....hanya P220 ini yg sangat memenhui standar nya

saya pun mendapatkan BPKB saya dan pulang...sampai rumah masih membayangkan...ohhh BAJAJ kenapa nasibmu begini....org diluar pamer dgn motor2 berMERK nya yg sewaktu saya hadapi pun tidak ada apa2nya...tpi mengapa masih bangga?apa hanya memikirkan harga jual balik dan maintenance serta spare parts2?klo dijual ya ngapain ngurusin harga tinggi2 lah.klo mau beli baru pasti kn udah siap duit...sadar lah namanya juga barang bekas...apa yg mau di dapet lah...klo emang niat beli baru n buang yg baru ya udh lupain harga2..yg ptg ke jual n dpt harga yg best price....walopun jatoh....hanya saja y sya khawatirkan masalah spare parts....dan montir2 yg freelance di luar yg tidak bisa mengerti handle ni p220....
sekian dari saya yg sangat mencintai p220 saya ini..saya selalu pede kemanapun jalan jauh sama dia....dan setelah menanyakan si sales saya itu,,,ternyata dia sudah resign 1bulan lalu ke leasing....

Jawab
Memang sangat disayangkan jaringan samanhudi sampai tutup dan digantikan KIA, padahal Jar. Samanhudi selalu menyediakan stok sparepart yang lengkap.
Walaupun saya pribadi agak jengkel juga dengan cara pihak Bajaj menutup beberapa BERES Bajaj sebelum dimulainya kerjasama merger dengan Kawasaki, harusnya yang tepat adalah sosialisasi dulu kepada seluruh user Bajaj Pulsar minimal 1 tahun pada saat mereka melakukan perawatan di BERES Bajaj di kala kerjasama dengan Kawak berlangsung. Jadi terkesan disini BAI hanya mau jualan saja namun pelayanan aftersalesnya membuat konsumen terluka, kalau kita diforum tahu kenapa penyebabnya, namun buat orang umum yang hanya bisa beli Pulsar malah dibikin bingung & kaget dengan manuver seperti ini.


NB. Silahkan copy paste tulisan ini jangan lupa mencantumkan darimana sumbernya

Tidak ada komentar: