09 September 2014

Test Ride TVS Max 125

Melanjutkan artikel sebelumnya tentang Spesifikasi TVS Max 125, kali ini kita akan bahas mengenai impresi ridingnya, berhubung kami ber 4 yang akan mengetest, maka dilakukan lach hompimpa biar adil dan gak bakal tawuran ha..ha..ha...ha... akhirnya saya mendapatkan kesempatan pertama untuk mengetest TVS Max 125.


Posisi Riding
Saat saya mencoba duduk di joknya, baru terasa begitu tingginya motor ini, praktis membuat kedua kaki saya jinjit ala penari balet ha...ha...ha... Namun saat hanya kaki satu yang berpijak ke tanah, Alhamdulillah masih bisa menapak sempurna, perlu diketahui bahwa tinggi badan saya sekitar 168 CM dan menurut hemat saya tinggi seat TVS Max 125 lebih tinggi dari pada Apache 180 dimana suspensi belakang kedua motor ini sama-sama disetel di level 2. 

Penggunaan stang model touring sangat menarik guna menghindari badan pegal, namun saya merasa sepertinya agak kurang tinggi sedikit lagi, mengingat posisi Seatnya yang cenderung tinggi.
Hal yang menarik adalah bahwa di TVS Max 125 ini saya tidak merasakan getaran-getaran kecil di stang baik saat RPM Rendah maupun RPM Tinggi, tentunya hal ini menambah kenyamanan dalam berkendara.

Performa
Motor ini memiliki tenaga yang besar di RPM Bawah, cocok buat dipakai harian apalagi dengan situasi ibukota yang selalu kena macet, 
Jangan kaget bilamana anda menggunakan motor ini saat anda melirik ke speedometer maka akan terasa cepat kenaikan jarum speedonya, positifnya itu menandakan respon motor ini sangat bisa diandalkan,  namun saat sudah di RPM Tinggi seperti ada tenaga yang menahannya, mungkin ini disebabkan CCnya yang kecil dan adanya limiter. 

Handling
Motor ini nyaman digunakan untuk melibas kemacetan di jalan raya, mengingat bentuknya yang kecil dan ringkas sehingga mudah untuk dikendalikan.


Kinerja Shockbreaker
Untuk memastikan kinerja shock, saya coba untuk melewati jalan berlubang hasilnya memang benar-benar empuk dan boleh dibilang nyaman, suspensi tidak terlalu keras, namun juga tidak terlalu lembut. Sepertinya TVS sukses menerapkan teknologi pegas ganda untuk meminimalisir redaman dan guncangan.

Indikator Kelistrikan
Indikator lampu netral terasa kurang terang bila motor ini digunakan pada saat siang hari.

Perpindahan Gear
TVS Max 125 menerapkan perpindahan gear yang unik dan berbeda dengan motor pada umumnya, dimana perpindahan gear dari 0 s/d 4 dengan mencongkel tuas perseneling ke atas atau bisa juga menekan tumit ke arah bawah. perpindahan gear mudah dilakukan baik saat shift up maupun shift down

Sektor Pengereman
Untuk pengereman sepertinya TVS peduli hal seperti ini, terbukti baik rem depan maupun rem belakang sama pakemnya.

Kick Starter
Untuk menghidupkan motor ada 2 cara bisa menggunakan Elektrik starter maupun Kick Starter yang membuat saya terkesan saat menyalakan motor dengan kick starter sangat begitu mudah boleh dibilang ringan, hanya cukup 1 kali sela.

Melihat dari hasil test ride, sepertinya motor TVS Max 125 ini pantas dijadikan pilihan buat para riders yang membutuhkan motor yang ringan, lincah dan memiliki performa yang dapat diandalkan guna menjalankan aktifitas sehari-hari, adapun harga yang ditawarkan dikisaran 12,6 Jutaan, sangat menarik untuk kalangan menengah ke bawah.

Tidak ada komentar: